Pulsa VS Kuota Internet

Para pengguna telepon genggam tidak pernah lepas dari pulsa dan kuota internet. Tanpa kedua hal tersebut, para pengguna telepon tidak dapat memanfaatkan telepon yang mereka miliki dengan baik. Sebelum adanya kuota internet, pengguna telepon hanya memanfaatkan pulsa untuk melakukan komunikasi dua arah. Pulsa mereka gunakan untuk menelepon dan bertukar pesan dengan orang lain. Tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, pulsa juga berperan untuk memperpanjang masa penggunaan kartu SIM. Jika kartu SIM tidak diisi pulsa dan melewati masa berlaku kartu, kartu SIM tidak dapat dimanfaatkan kembali. Seiring dengan berkembangnya waktu, kuota internet memiliki peran yang amat penting bagi kehidupan masyarakat saat ini. Tidak hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain, paket internet dapat digunakan untuk berselancar di dunia maya, mengunduh lagu, menonton film, menonton video, bermain game hingga eksis di media sosial.

Untuk mendapatkan kuota internet, masyarakat harus beli paket data terlebih dahulu berdasarkan dengan provider yang mereka pilih. Setelah pembelian paket data selesai dilakukan, masyarakat akan mendapatkan jumlah kuota yang telah dipilih sebelumnya. Percaya atau tidak, kini kuota internet memiliki peranan yang amat penting jika dibandingkan dengan pulsa. Tanpa kuota, masyarakat tidak dapat mendapatkan informasi terkini yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan. Seperti pembahan sebelumnya, kuota internet dapat digunakan untuk berselancar di dunia maya. Semakin masyarakat giat mengunjungi dunia maya, semakin banyak informasi yang mereka dapatkan. Berita terkini yang banyak diperbincangkan dapat dengan mudah untuk ditemukan. Masyarakat yang memiliki kuota internet tidak akan pernah ketinggalan berita dan informasi terbaru.

Beberapa provider memberikan kebijakan dalam masa berlaku pulsa dan paket internet. Untuk pulsa sebesar Rp. 10.000, ada provider yang menerapkan masa berlaku selama 2 minggu dan ada pula provider yang memberlakukannya selama 1 bulan. Sedangkan untuk paket internet, masa berlaku paket tersebut memiliki waktu yang beragam. Masa berlaku paket internet ada yang berlaku selama 1 hari, 3 hari, seminggu dan sebulan. Lama berlakunya paket internet lebih beragam dibandingkan dengan masa berlaku pulsa. Dengan paket data pula, pemilik dapat menghemat biaya pengeluaran setiap bulannya. Pada saat mereka beli paket data, jumlah pengeluaran yang harus dikeluarkan tidak terlalu banyak jika dibandingkan ketika membeli pulsa. Pengeluaran tersebut dapat dinilai dari banyaknya aktifitas yang dilakukan ketika menggunakan ponsel. Ketika menonton film misalnya, pemilik ponsel yang menggunakan pulsa sebagai alat pembayaran akan dikenakan tarif normal. Jika menggunakan kuota internet, biaya akan dibebankan per kb.

Kuota dapat pula digunakan untuk keperluan video. Masyarakat dapat memanfaatkan kuota untuk menyaksikan beragam jenis video yang disukai. Video tersebut bahkan dapat diunduh dan disimpan ke dalam ponsel. Setiap file yang ditonton dan diunduh akan dikenakan tarif berdasarkan besar data pada video. Karena melibatkan penggunaan internet, masyarakat sebaiknya lebih mengutamakan kuota internet daripada pulsa. Penggunaan kuota lebih penting ketimbang pulsa ketika masyarakat berencana memanfaatkan jaringan internet. Hal tersebut disebabkan oleh jumlah dana yang akan kita keluarkan nantinya. Jika masyarakat ingin menghemat pengeluaran, data internet menjadi jalan keluar yang patut untuk dipilih. Pembelian kuota internet bahkan dapat dilakukan dengan menggunakan pulsa. Sebaliknya, pulsa tidak dapat dibeli dengan menggunakan paket data. Karena banyaknya manfaat yang dapat diperoleh oleh masyarakat melalui kuota internet, masyarakat perlu mempertimbangkan penggunaan kuota di era digital ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *