Pasar Tradisional di Indonesia yang Legendaris

Pasar merupakan salah satu tempat yang menjadi pusat kegiatan jual beli. Meskipun saat ini mulai banyak bermunculan supermarket yang memiliki fungsi yang sama dengan pasar. Namun, beberapa orang masih memilih pergi ke pasar tradisional untuk membeli barang-barang kebutuhan. Di Indonseia sendiri, beberapa pasar  tradisional seringkali menjadi salah satu tempat tujuan bagi para pelancong. Berikut ini 5 pasar tradisional di Indonesia yang cukup legendaris.

5 Pasar Tradisional yang Cukup Populer di Indonesia

1. Pasar Apung, Banjarmasin

Hampir setiap orang Indonesia pasti mengetahui salah satu pasar legendaris ini, karena pernah ditampilkan di beberapa stasiun televisi. Pasar ini cukup unik dibandingkan dengan pasar yang lain, karena letak pasar yang berada di atas air sungai Kuin. Para penjual menggelar dagangannya di atas perahu yang berdempetan dengan perahu yang lain. Beberapa bahan yang dijual diantaranya sayuran, buah-buahan dan menu sarapan.

Selain datang untuk berbelanja, pengunjung juga ingin merasakan sensasi membeli sarapan sambil menaiki perahu. Menjadi pengalaman belanja yang menyenangkan pastinya. Perahu yang digunakan untuk menggelar dagangan disebut dengan jukung. Pasar apung menjadi salah satu pasar tradisional di Indonesia yang cukup populer dan sudah menjadi bagian dari tradisi Banjarmasin.

2. Pasar Peunayong, Aceh

Pasar ini merupakan salah satu pasar dengan aktivitas yang cukup padat.  Pasar yang berada di pinggir sungai Aceh ini semakin sibuk dengan adanya  Meugang, yaitu tradisi membeli daging saat mendekati lebaran. Adapun bahan yang dijual di pasar Peunayong, Aceh meliputi sayuran dan hasil ikan laut, karena letaknya yang dekat dengan TPI terbesar di Banda Aceh. Kebanyakan penjual masih menggelar dagangannya di pinggir jalan.

3. Pasar Tomohon, Manado

Berbeda dengan pasar  tradisional lain yang menjual sayuran, daging sapi dan ikan, pasar yang ada di Manado ini menjual daging hewan liar seperti ular, kelelawar hingga tikus. Pasar Tomohon memang terkenal cukup ekstrim dan jauh berbeda dari pasar pada umumnya. Bahkan Banyak yang menyamakan kondisi pasar ini  dengan Wuhan. Namun, karena keuinikan dari bahan yang dijual inilah, sehingga mengundang banyak wisatawan asing untuk mengunjunginya.

4. Pasar Beringharjo, Jogjakarta

Pasar yang ada di Jogjakarta ini merupakan salah satu pasar tradisional di Indonesia yang cukup tua. Bahkan keberadaan pasar ini sudah ada sejak tahun 1925 M. Pasar ini dinamakan Beringharjo oleh Sulta Hamengku Buwono IX, karena dulunya merupakan kawasan hutan beringin. Pasar ini menjual kebutuhan harian seperti pakaian, kerajinan tangan hingga kuliner. Banyak makanan khas Yogjakarta yang bisa anda temukan di pasar ini seperti gudeg dan gethuk.

5. Pasar Mama-Mama, Papua

Pasar yang terletak di Jaya pura ini terbilang cukup legendaris di kalangan mayarakat. Bahan-bahan yang dijual kebanyakan merupakan hasil komoditas dari masyarakat lokal seperti ketela, sayuran hingga umbi-umbian. Bahkan, dulu pasar ini menampung berbagai penjual yang ada di wilayah Papua. Saat ini, pasar ini sudah mulai dibangun lebih modern dengan komunitas yang dijual masih tetap sama. Selain sayuran pasar tradisional di Indonesia ini juga menjual kerajinan tangan.

Itulah deretan pasar di Indonesia yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Suasana yang berbeda dari pasar pada umumnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Harga barang yang dijual di pasar ini cukup terjangkau sehingga ramah di kantong. Bagi anda yang ingin merasakan pengalaman berbelanja yang berbeda, 5 pasar di atas menjadi tujuan yang paling tepat.  Berencana untuk mengunjunginya dalam waktu dekat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *