Menyimak Kegiatan untuk Anak Homeschooling

Selain sekolah umum, anak juga dapat mempelajari sesuatu dengan mengikuti program homeschooling. Homeschooling sendiri memiliki banyak kelebihan daripada sekolah biasa. Namun dengan mengikuti program tersebut, anda sebagai orangtua juga dituntut untuk menjadi lebih kreatif dalam menyampaikan pengetahuan baru. Simak penjelasan di bawah ini mengenai apa saja kegiatan untuk anak homeschooling.

Kegiatan Anak yang Mengikuti Homeschooling

1. Menyusun Jadwal Kegiatan Homeschooling

Jika anda memiliki anak yang belajar dengan cara homeschooling, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menyusun jadwal kegiatan mereka. Pada saat menyusun jadwal ini, anak juga harus terlibat secara aktif. Perbolehkan si buah hati untuk mengeksplor apa yang mereka minati. Hal tersebut akan membuat mereka semangat belajar dan lebih mudah untuk mempelajari hal hal baru.

2. Menanam Bunga dan Sayur

Tak seperti sekolah biasa, sistem homeschooling juga memiliki bentuk pembelajaran yang berbeda. Untuk mengenalkan aneka jenis dan manfaat tanaman, mereka dapat diajak untuk bertanam bunga dan sayur. Salah satu kegiatan untuk anak homeschooling ini juga bisa mengajarkan mereka untuk mengenal dan mencintai alam dengan lebih dekat. Anda bisa memilih bibit tanaman yang cepat tumbuh agar anak semakin antusias dan bersemangat.

3. Berkunjung ke Tempat Tertentu

Banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat pembelajaran di sistem homeschooling. Misalnya adalah mengajak anak mengunjungi industri rumahan untuk mengajarkan kewirausahaan. Si kecil juga bisa diajak mengunjungi museum untuk mengajarkan sejarah. Sementara untuk mengajarkan etika, anda bisa mengajak anak makan di luar rumah. Setelah melakukan kegiatan ini, sebaiknya juga minta pendapat si anak mengenai pengalaman yang telah ia peroleh.

4. Melakukan Perjalanan dengan Transportasi Umum

Melakukan perjalanan dengan transportasi umum juga merupakan salah satu kegiatan untuk anak homeschooling yang bisa dilakukan. Ajak mereka untuk mencoba menggunakan kereta api, bus, dan transportasi umum lainnya. Dengan melakukan hal tersebut akan membuat anak belajar mengenai rute perjalanan, cara memesan tiket, bahkan hingga mempelajari bahan bakar apa yang digunakan pada kendaraan tersebut.

5. Memasak Bersama

Homeschooling sendiri memang terkesan menyenangkan jika dilihat dari aktivitas yang dilakukannya. Misalnya adalah dengan mengajak anak memasak bersama. Pertama tama ajak anak untuk membantu anda memasak, kemudian ijinkan mereka untuk belajar memasak sendiri. Hal tersebut tentu akan memberi mereka pelajaran mengenai aneka jenis bahan makanan yang ada serta cara mengolahnya.

6. Melakukan Eksperimen Sederhana

Untuk mengajarkan anak belajar mengenai sains dan bidang ilmu tertentu, anda dapat mengajarkan mereka dengan melakukan eksperimen sederhana. Kegiatan untuk anak homeschooling tersebut akan terasa menarik jika dikemas secara menyenangkan. Hal ini juga akan membuat si buah hati semakin ingin tahu mengenai bidang ilmu tersebut. Sebagai orang tua anda juga bisa melihat bakat apa yang dimiliki oleh si anak.

7. Membersihkan Rumah

Walaupun terlihat sepele, namun saat membersihkan rumah juga akan memberikan banyak pelajaran pada anak. Misalnya adalah memberikan pelajaran mengenai kepedulian, empati, dan rasa tanggung jawab. Saat mengajak anak membersihkan rumah, usahakan tidak memerintah mereka karena hal tersebut akan membuat anak merasa kesal. Anda bisa menggantinya dengan cara mengajak mereka dengan bahasa yang tepat.

Sistem homeschooling tidak bisa dianggap sebagai sistem pembelajaran yang remeh. Banyak hal yang bisa didapatkan oleh si anak dengan menggunakan sistem tersebut. Tak hanya pelajaran pada umunya, mereka juga bisa belajar mengenai etika, rasa kepedulian, dan juga tanggung jawab di dalamnya. Melihat hal tersebut, berminatkah anda menggunakan sistem homeschooling untuk si kecil ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *