Mengecek Status Registrasi SIM Card

Kementerian Komunikasi dan Informatika atau yang akrab disapa Kominfo belakangan ini memperkenalkan sebuah program kepada masyarakat secara umum mengenai registrasi ulang kartu prabayar. Hal ini merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam melindungi masyarakat dari berbagai tindak penyalahgunaan nomor telekomunikasi yang kini banyak terjadi. Selain itu melakukan registrasi pada kartu prabayar juga bisa menjadi salah satu upaya dalam pembenahan data pelanggan yang dimiliki oleh operator telekomunikasi yang berkembang di Indonesia. Karena sebelum diberlakukannya aturan ini banyak pengguna kartu prabayar yang menggunakan data palsu sehingga tidak bisa digunakan. Hingga saat ini proses pendaftaran SIM Card yang baru selalu menggunakan NIK dan Nomor Kartu Keluarga yang asli.

Cara untuk melakukan registrasi kartu dan mendaftarkan ulang SIM Card prabayar bukan sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Sama halnya dengan proses pengecekannya. Pasalnya para pelanggan kini bisa melakukan pengecekan status registrasi SIM Card dengan sangat mudah. Mengapa registrasi ulang SIM Card lama sangatlah penting? Hal tersebut dikarenaka ketika seorang pengguna lama belum melakukan registrasi ulang dengan menggunakan nomor kartu identitas yang valid, maka nomornya akan diblokir secara bertahap. Untuk pelanggan yang sudah melakukan registrasi mungkin bingung bagaimana melakukan aktivasi sim card yang baik dan benar kini tak perlu merasa khawatir lagi. Hal tersebut dikarenakan ada dua jalan yang bisa dilakukan dalam mengecek status registrasi yang dimiliki oleh SIM Card.

Cara yang pertama adalah dengan melihat sms yang masuk ke dalam nomor yang digunakan oleh pengguna. Para pengguna yang sukses melakukan registrasi ketika melakukan pendaftaran, ia tidak akan dibanjiri oleh SMS yang dikirimkan oleh 4444. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa SMS yang berasal dari nomor tersebut akan terus masuk dan membanjiri notifikasi dari para pengguna untuk mengingatkan mereka yang belum melakukan registrasi agar segera melakukan registrasi sesegera mungkin agar SIM Card bisa digunakan sebagaimana mestinya dan seharusnya.

Untuk mekanisme lain dalam melakukan pengecekan status registrasi bisa dilakukan dengan cara SMS, USSD, serta mengunjungi situs resmi provider yang digunakan. Bagi semua pelanggan dari provider seperti Telkomsel, Indosat, Tri, XL, dan Smartfren, anda bisa melakukan proses pengecekan dengan cara melalui tautan berikut ini untuk dapat mengakses fitur cek status registrasi pada situs operator yang dipilih. Berikut ini adalah cara pengecekan status registrasi dengan menggunakan cara USSD dan juga SMS yang bisa dilakukan.

– Untuk pengguna SIM Card XL Axiata, para pengguna bisa mengaksesnya melalui USSD dengan cara *123*4444#
– Bagi para pengguna SIM Card Indosat Ooredo juga bisa melakukan pengecekan dengan cara mengirimkan sms ke 4444
dengan cara ketik INFO#nomor telepon#. Contohnya adalah INFO#6285711223344# kirim ke 4444
– Bagi para pengguna SIM Card Tri yang ingin melakukan pengecekan status registrasi tentu bisa dengan cara
mengirimkan SMS yang berisi ketik STATUS lalu kirim ke 4444 dan nantinya pihak operator akan memberi
pemberitahuan melalui balasan SMS kepada para pengguna.
– Untuk pengguna SIM Card Telkomsel bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan USSD. Caranya adalah dengan
mengaksesnya melalui ponsel di *444# kemudian nanti proses pengecekannya mun bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Apabila para pengguna SIM Card tidak menerima balasan setelah melakukan pengecekan, maka selanjutnya mereka bisa melakukan cara kedua yakni dengan cara datang ke gerai provider masing-masing untuk melakukan proses pengecekan status registrasi secara manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *