Daftar Menu Diet Untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui akan mengalami kenaikan berat badan karena akibat dari masa kehamilan. Maka dari itu, banyak para ibu yang tidak sabar untuk menurunkan berat bada setelah proses persalinan. Padahal saat masa menyusui si ibu harus memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari. Pola makan yang sehat dan seimbang benar-benar dikonsumsi untuk memberi asupan energi sehari-hari. Simak ulasan berikut terkait daftar menu diet untuk ibu menyusui.

Menu Makanan Sehat Selama Masa Menyusui

1. Tumis Kangkung dan Ikan Panggang
Ikan mengandung banyak nutrisi di dalamnya yang baik untuk masa menyusui. Kadar gizinya dapat membantu untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak. Manfaat yang lainnya ialah untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi depresi, hingga memenuhi kebutuhan vitamin D. Mengonsumsi satu ikat kangkung dapat menambah energi dan vitamin A, serta penyumbang asam folat untuk kualitas produksi ASI.

2. Sayur Pakcoy dan Ayam Panggang
Ayam diketahui baik untuk menambah gizi saat menyusui, karena mengandung protein dan zat besi untuk melindungi kesehatan. Tubuh akan memproses protein yang berguna untuk ketahanan otot, otak, tulang, jantung, enzim, dan antibodi. Menu pendampingnya adalah sayur pakcoy, dengan zat hijau yang bagus untuk menstimulasi tubuh. Pakcoy termasuk makanan rendah kalori, sehingga dapat menjaga berat badan si ibu agar tetap stabil.

3. Sayur Asam dan Pepes Tahu
Sudah menjadi rahasia umum apabila tahu kaya akan nutrisi. Makanan sederhana ini kaya akan kalsium yang berguna untuk tulang. Apabila ibu mengonsumsi tahu maka ASI yang diberikan ke bayi mengandung banyak kalsium. Zat kalsium akan diproses tubuh untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tulang anak. Sedangkan di sayur asam terdapat beberapa sayuran untuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI.

4. Sup Ayam dan Telur Dadar Bayam
Daftar menu diet untuk ibu menyusui kali ini penuh gizi, pasalnya mengonsumsi telur dapat memperlancar produksi ASI. Selain itu vitamin D dalam telur baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Disamping itu bayam mengandung vitamin A yang berfungsi untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan mata. Sedangkan vitamin C pada bayam berguna untuk menyerap zat besi, mengurangi infeksi, hingga memperlancar darah.

5. Daging Sapi dan Sayur Brokoli
Mengonsumsi daging masuk ke dalam daftar menu diet untuk ibu menyusui, karena kadar proteinnya mampu menjaga sel-sel pada tubuh agar tetap sehat. Selain itu protein didalam ASI akan memperkuat otot-otot pada bayi. Selama masa diet sebaiknya konsumsi daging sapi saat sarapan, agar berat tubuh bisa dikelola dengan baik. Menu pendampingnya sayur brokoli yang kaya vitamin dan mineral. Apabila dikonsumsi secara teratur dapat meningkatkan produksi ASI si ibu.

6. Telur Mata Sapi dan Mie Shirataki
Apabila anda bosan dengan daftar menu diet untuk ibu menyusui yang itu-itu saja, cobalah mengonsumsi mie shirataki. Jenis mie yang memiliki serat glucomannan untuk menurunkan kadar gula darah, dan resiko terjadinya resistensi insulin. Didalam serat tersebut mengandung poliskarida yang membantu usus bekerja lebih baik, sehingga saluran pencernaan bersih dari sisa-sisa makanan. Sedangkan protein telur mata sapi membantu proses penambahan energi untuk tubuh.

Itulah menu diet yang disarankan untuk salama masa menyusui, bisa dijadikan rekomendasi makanan sehat selama satu minggu. Bebas untuk dikonsumsi saat sarapan atau makan siang, namun lebih enak disantap saat siang. Imbangi juga dengan mengonsumsi buah-buahan, untuk memperlancar produksi ASI. Selain itu buah kaya akan serat yang mudah memproses makanan menjadi feses, sehingga sisa makanan tidak menimbun di dalam perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *