Asupan Gizi Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi

Kesehatan ibu hamil tentu sangat penting untuk diperhatikan agar bayi bisa lahir dengan keadaan sehat. Tidak hanya rutin untuk memeriksa kandungan, para calon ibu harus selalu menjaga asupan nutrisi harian yang dikonsumsi setiap harinya. Untuk itu penting untuk anda memperhatikan beragam nutrisi yang hendak di konsumsi. Mari simak beragam nutrisi yang baik untuk asupan gizi untuk ibu hamil.

Beragam Nutrisi yang Harus Dikonsumsi oleh Ibu Hamil:

1. Protein
Protein adalah salah satu nutrisi yang penting untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil. Dengan mengkonsumsi protein ini akan baik untuk memperbaiki jaringan, sel dan otot yang mengalamai kerusakan. Selain itu juga mengkonsumsi protein juga bagus untuk menyuplai darah yang ada di dalam tubuh. Terlebih untuk ibu hamil, protein baik untuk memproduksi darah segar dua kali lipat.

2. Karbohidrat
Salah satu kebutuhan nutrisi yang wajib dipenuhi oleh para ibu hamil adalah kebutuhan karbohidrat. Kebutuhan karbohidrat ini memiliki fungsi untuk mengubah glukosa menjadi sumber energi tubuh. Karbohidrat juga berperan sebagai antioksidan dan mencegah terjadinya efek radikal bebas. Dengan tercukupinya nutrisi karbohidrat ni akan memperlancar metabolisme tubuh ibu hamil.
Untuk bisa memenuhi asupan karbohidrat ibu hamil, dalam satu hari harus terpenuhi sekitar 50 gram. Namun pilihlah jenis karbohidrat yang komplek yang lebih lambat dicerna tubuh agar tidak melonjakkan gula darah terlalu drastis. Anda bisa menemukan makanan yang mengandung karbohidrat pada nasi merah, roti, gandum, dan kentang yang lebih baik jika dibandingkan dengan makanan karbohidrad pada umumnya.

3. Serat
Nutrisi yang harus ada untuk nutrisi ibu hamil adalah adanya serat, yang akan membantu mengendalikan kadar gula darah. Asupan makanan yang mengandung nutrisi ini akan mempertahankan berat badan ibu hamil dan membuat perut kenyang lebih lama. Mengkonsumsi serat juga akan membantu untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat akan membantu melancarakan pergerakan usus dan membantu memadatkan fases.

4. Lemak
Untuk memenuhi asupan gizi untuk ibu hamil lengkap ibu hamil ada baiknya untuk mengkonsumsi lemak setiap harinya. Asupan lemak yang tercukupi juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan energi ibu dan janin saat persalinan normal. Lemak juga sangat diperlukan sebagai zat atau nutrisi bagi ibu hamil untuk memelihara kondisi plasenta dan cairan ketuban selama 9 bulan kehamilan.
Selebihnya lemak juga memiliki fungsi untuk membesarkan otot rahim, pengangkatan volume darah dan untuk memperbesar jaringan payudara sebagai periapan masa menyusui. Pilihlah sumber makanan ibu hamil yang mengandung lemak sehat seperti ikan salmon, buah alpukat dan dari kacang kacangan. Hindari mengkonsumsi sumber lemak trans dari makanan gorengan, makanan cepat saji dan makanan kemasan atau kalengan.

5. Kalsium
Kalsium juga sangat penting untuk membantu kebutuhan asupan ibu hamil. Saat hamil tubuh ibu akan banyak membutuhkan kalsium untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin. Jabang bayi akan mengambil kebutuhan kalsium dari cadangan tubuh ibu. Jika tidak bisa mencukupi asupan kalsium, bayi akan beresiko terkena osteoporosis di kemudian hari. Sehingga asupan gizi untuk ibu hamil ini sangat penting untuk mendukung nutrisi calon jabang bayi.

Masih banyak lagi nutrisi yang harus dikonsumsi oleh para ibu hamil sehingga calon jabang bayi memiliki tubuh yang sehat. Anda harus banyak mengkonsumsi sayur, buah, vitamin dan memeprbanyak minum untuk kesehatan anda dan jabang bayi. Untuk itu selalu perhatikan asupan makanan bernutrisi yang tinggi, agar bayi lahir dalam keadaan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *